Visa MOFA adalah visa yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi (Ministry of Foreign Affairs) untuk orang-orang yang ingin berkunjung ke Arab Saudi untuk tujuan bisnis, kunjungan keluarga, atau ziarah. Visa ini berbeda dengan visa umrah atau haji yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

MOFA memiliki masa berlaku yang bervariasi tergantung pada jenis dan tujuan kunjungan. Biasanya, visa ini berlaku untuk 30, 60, atau 90 hari. Namun, Visa MOFA ini juga bisa diperpanjang hingga 180 hari jika memenuhi syarat dan persyaratan tertentu.

Cara Membuat Visa MOFA

Untuk membuat visa MOFA, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

1.Mengajukan permohonan visa online.

Kamu bisa mengakses situs web resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi di https://visa.mofa.gov.sa/ dan mengisi formulir permohonan visa online dengan data pribadi, data paspor, data sponsor, dan data kunjungan. Kamu juga harus mengunggah foto paspor, surat undangan dari sponsor, dan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan jenis dan tujuan kunjungan kamu.

2.Membayar biaya visa.

Setelah mengisi formulir permohonan visa online, kamu harus membayar biaya visa sesuai dengan jenis dan lamanya kunjungan kamu. Biaya visa bisa dibayar melalui kartu kredit atau debit, transfer bank, atau metode pembayaran lainnya yang tersedia. Kamu bisa mengecek biaya visa di situs web resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi atau di kantor perwakilan Arab Saudi di negara kamu.

3.Mendapatkan persetujuan visa.

Setelah membayar biaya visa, kamu harus menunggu persetujuan visa dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. Proses persetujuan visa bisa memakan waktu antara 1 hingga 10 hari kerja tergantung pada jenis dan tujuan kunjungan kamu. kamu bisa mengecek status permohonan visa kamu di situs web resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dengan memasukkan nomor permohonan dan nomor paspor kamu.

4.Mencetak visa.

Setelah mendapatkan persetujuan visa, kamu harus mencetak visa kamu dari situs web resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. Kamu harus membawa visa cetak ini bersama dengan paspor kamu saat masuk ke Arab Saudi.

Cara Memperpanjang Visa MOFA

Untuk memperpanjang visa MOFA, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

1.Mengajukan permohonan perpanjangan visa online.

Kamu bisa mengakses situs web resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi di https://visa.mofa.gov.sa/ dan mengisi formulir permohonan perpanjangan visa online dengan data pribadi, data paspor, data sponsor, dan data kunjungan. Kamu juga harus mengunggah dokumen pendukung yang menunjukkan alasan perpanjangan visa, seperti surat keterangan sakit, surat keterangan kerja, atau surat keterangan keluarga.

2.Membayar biaya perpanjangan visa.

Setelah mengisi formulir permohonan perpanjangan visa online, kamu harus membayar biaya perpanjangan visa sesuai dengan jenis dan lamanya perpanjangan visa. Biaya perpanjangan visa bisa di bayar melalui kartu kredit atau debit, transfer bank, atau metode pembayaran lainnya yang tersedia. kamu bisa mengecek biaya perpanjangan visa di situs web resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi atau di kantor perwakilan Arab Saudi di negara kamu.

3.Mendapatkan persetujuan perpanjangan visa.

Setelah membayar biaya perpanjangan visa, kamu harus menunggu persetujuan perpanjangan visa dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. Proses persetujuan perpanjangan visa bisa memakan waktu antara 1 hingga 10 hari kerja tergantung pada jenis dan tujuan perpanjangan visa kamu. Kamu bisa mengecek status permohonan perpanjangan visa kamu di situs web resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dengan memasukkan nomor permohonan dan nomor paspor kamu.

4.Mencetak visa perpanjangan.

Setelah mendapatkan persetujuan perpanjangan visa, kamu harus mencetak visa perpanjangan kamu dari situs web resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. Kamu harus membawa visa perpanjangan ini bersama dengan visa asli dan paspor kamu saat berada di Arab Saudi.

Tips Membuat Visa MOFA

1.Cari sponsor yang terpercaya dan sesuai dengan tujuan kunjungan kamu

Sponsor adalah orang atau lembaga yang mengundang kamu ke Arab Saudi, seperti perusahaan, universitas, atau organisasi keagamaan. Sponsor harus memiliki izin dan reputasi yang baik di Arab Saudi, serta bersedia memberikan informasi dan bantuan yang kamu butuhkan. Jangan menggunakan sponsor palsu atau tidak jelas, karena hal ini dapat mengancam keamanan dan legalitas kamu.

2.Konsultasikan dengan sponsor tentang format dan isi surat undangan

Setiap sponsor mungkin memiliki format dan isi surat undangan yang berbeda, tergantung pada tujuan dan jenis kunjungan kamu. Tanyakan kepada sponsor tentang hal-hal yang harus kamu tulis dalam surat undangan, seperti nama, alamat, nomor telepon, email, nomor paspor, tanggal lahir, pekerjaan, tujuan kunjungan, durasi kunjungan, tempat menginap, dan lain-lain.

Demikianlah cara membuat dan cara memperpanjang visa MOFA. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengurus visa kamu. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

 

 

Shares:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *